PERHATIAN!

sebelum anda berkomentar dan melihat artikel selanjutnya. Silahkan log in dulu ke akun facebook anda..

Minggu, 14 Oktober 2012

Aneh, Belahan Batang Kelapa Jadi Tontonan Warga

Aneh, Belahan Batang Kelapa Jadi Tontonan Warga
blog apa aja - POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Polewali mandar, Sulawesi Barat mendadak ramai didatangi warga sepekan terakhir. Hal itu terjadi sejak ditemuaknnya gambar wajah manusia di belahan batang kelapa yang baru ditebang.

Lingkaran batang kelapa bergambar manusia itu awalnya disimpan di rumah Baharuddin. Namun karena banyak kunjungan warga, sementara rumahnya sempit, maka batang pohon kelapa itu dipindahkan ke rumah saudara Baharuddin yang jaraknya dekat.

Sebagian warga mulai percaya gambar yang telah diabadikan tersebut sebagai jelmaan foto wali suci atau ulama kharismatik. Sejumlah warga bahkan mulai tergiring melakukan tindakan-tindakan irasional dengan cara mengambil serbuk bekas gergaji dari pohon kelapa karena diyakini bisa menjadi obat dan jimat keselamatan.

"Setiap orang punya kepercayaan berbeda, tapi saya sendiri percaya foto yang muncul adalah jelmaan ulama," ujar Nurma, warga Desa Kurma.

Bintana, warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan sengaja datang bersama istrinya ke rumah Burhan hanya ingin menyaksikan langsung foto aneh tersebut. Bintana mengaku sangat penasaran mendengar cerita kemunculan foto aneh yang sampai ke telinganya.

Sementara itu, Hasim, tetangga Baharuddin, pemilik pohon kelapa, mengaku gambar aneh ini sejak kemuncupannya direspon beragam oleh warga. Sebagaian warga melihatnya sebagai hal biasa. Namun tak sedikit warga menilai gambar tersebut sebagai fenomena aneh.

"Ada warga percaya sebagai jimat dan mengambil serbuk gergaji sebagai jimat, ada percaya sebagai tokoh ulama karismatik yang bisa memberi keselamatan dan lain-lain," ujar Hasim. 

Hingga kini pemerintah dan tokoh ulama belum turun tangan memberikan pencerahan kepada warga dan pengunjung objek wisata dadakan ini sebelum batang pohon itu menggiring mereka kepada hal-hal tak masuk akal dan menyesatkan.
Sumber Artikel

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Acak