PERHATIAN!

sebelum anda berkomentar dan melihat klik artikel selanjutnya. Silahkan log in dulu ke akun facebook anda..

Minggu, 14 Oktober 2012

5 Hal aneh yang terjadi saat tidur

5 Hal aneh yang terjadi saat tidur
blog apa aja - Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami mimpi buruk. Namun sebenarnya ada banyak hal aneh yang terjadi saat tidur selain hanya mimpi. Apa saja? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari todayhealth.today.com (11/10) berikut ini.

Kelumpuhan tidur 
Ketika Anda tidur dan mulai bermimpi, tubuh biasanya akan terasa lumpuh. Namun lima persen dari populasi manusia sering terperangkap untuk kembali bangun. Akibatnya, meskipun pikiran sudah 'bangun', tubuh akan tetap lumpuh. Fenomena ini biasanya cukup menyebalkan. Sebab seseorang bisa bermimpi padahal sudah sadar.

Mimpi sadar  
Mimpi sadar melibatkan suara dari dunia nyata yang terbawa sampai ke mimpi. Fenomena ini bisa terjadi selama beberapa detik hingga menit. Pemicunya adalah kurang tidur. Beberapa peneliti juga menyebutkan halusinasi berlebihan membuat orang-orang bermimpi sadar. Misalnya terlalu percaya dengan cerita-cerita hantu, alien, hingga keberadaan penyihir.

Sindrom kepala meledak 
Meskipun namanya seram, hal aneh yang terjadi saat tidur ini tidak benar-benar membuat kepala meledak. Meskipun jarang dialami, namun para peneliti percaya kalau sindrom tersebut disebabkan oleh halusinasi suara. Sebab seseorang yang mengalaminya akan terbangun dari tidur dan merasa telah mendengar suara ledakan di kepala. Padahal di dunia nyata tidak terjadi apa-apa. Stres diduga menjadi penyebab sindrom kepala meledak ini.

Berjalan sambil tidur 
Selain berjalan, seseorang juga bisa makan hingga berhubungan seks sambil tidur. Pemicunya diduga karena stres, pengobatan, dan hal lain yang masih belum jelas. Kabarnya, ada gen yang berperan dalam kasus berjalan sambil tidur ini. Sayangnya para peneliti belum menemukannya.

Kelainan perilaku REM 
REM adalah rapid eye movement. Jika tidur seseorang normal, maka ia tidak akan mengalami pergerakan mata yang terlalu cepat tersebut. Namun kalau seseorang tidak lumpuh selama bermimpi, ia berisiko mengidap kelainan perilaku REM ini. Penderita kelainan perilaku REM pun akan berlari, menendang, hingga membunuh di dunia nyata. Namun mereka merasakannya sebagai mimpi. Pemicunya adalah stroke, tumor, atau kelainan gen. Peneliti menyebut otak penderita tidak melakukan tugasnya dengan baik.

Itulah berbagai hal aneh yang terjadi saat tidur. Beberapa di antaranya memang masih menjadi misteri dan belum ditemukan penyebabnya.
Sumber Artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Acak